Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya – Harus Anda ketahui bahwa kolesterol bukanlah suatu penyakit. Melainkan lemak yang dihasilkan dari dalam hati dan sebagai suatu hal yang penting untuk proses dan fungsi tubuh. Kolesterol yang ada secara alami dari dalam dinding sel dan juga selaput yang ada pada beberapa organ didalam tubuh, termasuk misalnya adalah saraf, otot, kulit, hati, usus dan juga jantung. Dan disaat kondisinya normal, maka kolesterol berfungsi sebagai zat pembangun dan juga pemelihara dari sel membran, dan kemudian menyaring molekul yang masuk serta tidak ke dalam sel. Dan terlibat dengan produksi dari hormon seksual, membantu untuk menghasilkan empedu.

Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Tetapi, jika kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darah, maka kelebihan dari kolesterol ini pada akhirnya akan disimpan didalam arteri, dan termasuk salah satunya adalah arteri koroner jantung, pembuluh arteri pada bagian otak, dan arteri yang bisa memasok darah menuju ke kaki. Penyumbatan dari arteri pada bagian kaki biasanya mengakibatkan nyeri disaat sedang berjalan, karena penyakit arteri perifer yang dialaminya. Penyumbatan dari arteri carotid yang bisa beresiko mengakibatkan penyakit stroke, dan bisa membuat penyumbatan arteri koroner, sehingga nyeri dada atau angina dan juga serangan jantung bisa saja terjadi.

Dibawah ini adalah gejala kolesterol dan cara mengatasinya adalah :

  1. Pusing kepala bagian belakang
    Pusing kepala bagian belakang biasanya disebabkan karena terjadinya penyumbatan dari pembuluh darah yang menyerang kepala. Penyumbatan yang terjadi ini disebabkan karena kolesterol membentuk suatu plak pada pembuluh darah. dan jika kondisi ini dibiarkan, maka resiko pecahnya pembuluh darah bisa saja terjadi dan mengakibatkan penyakit stroke.
  2. Tengkuk serta pundak yang terasa pegal
    Pegal pada daerah tengkuk dan pundak adalah suatu implikasi yang terjadi dari aliran darah yang kurang lancar dibagian pembuluh darah tadi. Aliran darah yang kurang lancar ini diakibatkan karena adanya penyumbatan di pembuluh dan juga akibat kolesterol.
  3. Pegal pada tangan dan kaki
    Gejala kolesterol dan cara mengatasinya adalah pegal dibagian tangan dan kaki. Pembuluh darah yang berada pada kaki dan tangan juga mengalami sumbatan karena adanya penumpukan kolesterol. Selain itu juga rasa pegal pada tangan dan kaki sebagai suatu akibat dari penumpukan kolesterol yang biasanya terjadi dalam waktu panjang, dan membuat aktivitas menjadi terasa berat dilakukan.
  4. Kesemutan
    mirip seperti gejala kolesterol pegal-pegal, kesemutan yang terjadi adalah sebagai salah satu bentuk implikasi dari sirkulasi darah tidak lancar di salah satu bagian tubuh tertentu. Dan kesemutan ini berkaitan dengan saraf yang tidak mendapatkan sirkulasi darah dengan baik.
  5. Dada pada bagian kiri sakit
    Gejala kolesterol lainnya adalah rasa sakit seperti tertusuk pada dada bagian kiri. Dada bagian kiri berkaitan dengan organ dari pemompa darah yakni adalah jantung. Dan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah yang terletak disekitar jantung biasanya beresiko menyebabkan rasa nyeri mirip seperti tertusuk. Dan bahkan rasa nyeri yang dirasakan akan mennjalar sampai pada daerah sekitar leher. Nyeri di dada juga menjadi suat tanda-tanda adanya serangan jantung. Sebaiknya berhati-hatilah.

Gejala kolesterol dan cara mengatasinya bisa Anda lakukan dengan langkah dibawah ini :

  1. Membatasi asupan lemak jenuh
    Jika Anda sudah mengalami gejala kolesterol dan cara mengatasinya adalah dengan membatasi asupan lemak jenuh. Hal ini lebih cenderung pada lemak yang berasal dari hewan, apalagi didapat dari kulit unggas, produk olahan susu, daging merah, dll. Sebaiknya mulailah membatasi asupan lemak jenuh karena bisa menyebabkan kolesterol jahat menjadi naik. Dengan cara memilih diet yaang tepat mengonsumsi rendah kolesterol jenuh maka bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kadar kolesterol didalam tubuh Anda.
  2. Menghindari lemak trans
    Gejala kolesterol dan cara mengatasinya yang kedua adalah dengan menghindari lemak trans atau trans gat. Trans fat yang kemungkinan adalah salah satu makanan berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kolesterol semakin naik dan bisa menurunkan kolesterol baik didalam darah. berdasarkan salah satu studi penelitian yang dlakukan bahwa trans fat adalah penyebab dari keganasan suatu penyakit.
  3. Mempertahankan berat badan ideal
    Gejala kolesterol dan cara mengatasinya yang selanjutnya adalah dengan mempertahankan berat badan Anda. Untuk kebanyakan orang, kadar kolesterol biasanya semakin membaik dan menurun jika berat badan menurun. Namun juga akibat dari diet yang sehat, dan melakukan olahraga secara rutin. Arti lainnya adalah perubahan dari pola hidup yang dibutukan supaya bisa mempertahankan berat badan agar tetap kondisi normal dan juga melakukan cara menurunkan berat badan hingga 5-10 persen.
  4. Olahraga
    Gejala kolesterol dan cara mengatasinya dengan melakukan olahraga. Paling tidak dilakukan 30-40 menit setiap harinya. Dan cara inipun dilakukan 5 kali dalam seminggu, misalnya adalah seperti berjalan, jogging, bersepeda, beerenang suatu pilihan yang baik untuk bisa menurunkan kolesterol. Jika Anda mengalami obesitas, maka lakukanlah olahraga dengan teratur.

Itulah informasi mengenai gejala kolesterol dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Gejala Kolesterol dan Cara Mengatasinya


=====================================

>>> Obat Kolesterol Dapat Membantu Dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Menormalkan kadar Kolesterol, Meningkatkan Kolesterol Baik dan Mencegah Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Kolesterol and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.